Zoom Meeting merupakan aplikasi video konferensi yang bisa digunakan untuk kegiatan belajar online atau rapat online. Di masa pandemi Covid-19 aplikasi ini menjadi sangat terkenal dan menjadi aplikasi favorit untuk belajar dan rapat online.
Konon saking terkenalnya di masa pandemi Covid-19 pendapatan dari perusahaan Zoom ini meraih keuntungan hingga puluhan trilyun rupiah. Wajar, karena hampir semua kegiatan-kegiatan yang semula diadakan secara offline selama pandemi diganti secara online.
Bagi Anda yang mau menggunakan aplikasi Zoom Meeting untuk kegiatan belajar online, webinar, ataupun meeting online berikut adalah langkah mudahnya.
Daftar isi
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di HP
#1 Download Zoom Client For Meeting
Baca Juga : Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan HP
Langkah pertama tentu anda harus menginstal aplikasi Zoom Client terlebih dahulu di HP Android Anda. Silahkan buka aplikasi Play Store kemudian ketikkan zoom. Setelah ketemu silahkan install aplikasinya.
#2 Buat Akun Zoom
Setelah proses installasi selesai, Anda bisa melanjutkan dengan membuat akun zoom terlebih dahulu jika memang belum memiliki akun zoom. Jika ternyata Anda sudah memiliki akun bisa langsung login dengan menggunakan akun yang sudah didaftarkan. Untuk membuat akun zoom tekan tombol Sign Up
#3 Mulai Mendaftar
Pastikan Anda berusia di atas 16 tahun dengan mengkonfirmasi tanggal, bulan, dan tahun lahir. Setelah itu lanjutkan pendaftaran dengan memasukkan alamat e-mail, nama depan, dan nama belakang. Jika sukses dan tidak ada kesalahan Zoom akan mengirim e-mail aktivasi kealamat e-mail yang Anda daftarkan.
#4 Aktivasi Akun Zoom di Email
Cek kotak masuk E-Mail Anda untuk melakukan konfirmasi dan aktivasi akun Zoom yang sudah Anda daftarkan, klik tombol ACTIVATE ACCOUNT untuk melakuan aktivasi akun.
#5 Mengisi Nama dan Password
Setelah Anda menekan tombol Activate Account, akan muncul formulir untuk mengkonfirmasi nama depan, nama belakang dan password yang akan Anda gunakan. Isilah formulir tersebut, kemudian tekan tombol Continue.
#6 Mengundang Teman
Pada langkah berikutnya Anda diminta untuk mengundang teman atau kolega melalui e-mail. Jika Anda ingin mengundang teman Anda untuk menggunakan aplikasi zoom isilah e-mail teman Anda pada formulir. Jika tidak mau mengundang, tekan tombol Skip this step.
#7 Mulai Menggunakan Zoom
Langkah berikutnya Anda bisa memulai menggunakan aplikasi zoom untuk memulai meeting. Tekan Start Meeting Now untuk memulai meeting atau tekan Go to My Account untuk melakukan pengaturan pada akun Anda.
#8 Aplikasi Zoom Siap Digunakan
Ketika aplikasi zoom terbuka silahkan tekan tombol Sign in kemudian silahkan login dengan e-mail dan password yang sudah didaftarkan. Jika proses Sign in berhasil, aplikasi zoom siap digunakan untuk memulai meeting atau mengikuti meeting online.
Cara Membuat Jadwal Meeeting Pada Zoom Menggunakan HP
Berikut adalah langkah-langkah membuat jadwal meeting pada aplikasi zoom di HP
1. Buka aplikasi Zoom dan tekan tombol Schedule
2. Kemudian pada Form Schedule Meeting isilah informasi meeting yang akan dijadwalkan meliputi
- Judul Meeting : Diisi dengan judul agenda meeting
- Date : Tanggal dimulainya meeting
- From : Jam atau waktu dimulainya meeting
- To : Jam atau waktu berakhirnya meeting
- Time Zone : Zona Waktu meeting untuk Waktu Indonesia Bagian Barat gunakan GMT+7:00
- Repeat : pilih Never jika meeting cuma dilakukan sekali saja
- Use Personal Meeting ID (PMI) : Jika diaktifkan setiap kali Anda menjadwalkan Meeting baru akan menggunakan personal meeting ID milik Anda dengan link undangan tetap tidak berubah
- Require Meeting Passcode : Password untuk join meeting
- Passcode : Password bisa diubah-ubah sesuai keinginan
- Enable Waiting Room : Jika diaktifkan tamu undangan yang akan mengikuti meeting sebelum diizinkan masuk ke room meeting akan menunggu di waiting room
- Only Allow Authenticated Users : Jika diaktifkan hanya user dengan akun yang sudah Sign in ke zoom yang bisa join ke room meeting
- Host Video On : Jika diaktifkan video host akan selalu on ketika meeting dimulai
- Participant Video On : Jika diaktifkan video participant atau tamu undangan akan selalu on ketika memasuki room meeting
- Add To Calendar : Menambahkan jadwal meeting yang dibuat ke aplikasi kalender seperti google calendar
3. Jika sudah selesai tekan tulisan Done di pojok kanan atas aplikasi Zoom.
4. Tekan tombol invite untuk mengcopy atau menyebarkan undangan meeting
Cara Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting di Laptop atau PC
Sebanarnya cara menggunakan aplikasi zoom meeting di laptop atau PC tidak jauh berbeda dengan cara menggunakannya di HP. Hanya saja Anda harus menginstall aplikasi zoom client untuk dekstop terlebih dahulu. Silahkan download aplikasi zoom untuk Laptop atau PC DISINI.
Cara menginstall aplikasi zoom meeting untuk PC berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Double Klik file ZoomInstaller.exe yang baru Anda Download
2. Jika installasi sukses aplikasi zoom meeting akan langsung berjalan, silahkan Sign in dengan menggunakan akun zoom terdaftar
3. Setelah Sign in aplikasi zoom siap untuk digunakan untuk memulai meeting online atau mengikuti meeting
Keunggulan aplikasi zoom meeting
Zoom merupakan aplikasi meeting online populer selama masa pandemi ini, didirikan oleh Eric Yuan mantan eksekutif Cisco Webex pada tahun 2011. Di masa pandemi seperti saat ini yang tak kunjung usai aplikasi zoom menjadi primadona semua kalangan mulai dari pelajar hingga karyawan. Sebenarnya apa saja keunggulan aplikasi ini? berikut adalah ulasannya yang Admin rangkum dari tulisan Lauren Reed di blog.zoom.us
#1 Harga Terjangkau
Dengan sistem subcription (langganan) bulanan paling kecil $ 14,99 dengan kapasitas maksimal 100 participant jelas harga zoom sangat terjangkau bahkan untuk perusahaan kecil sekalipun. Bahkan jika durasi meeting Anda tidak melebihi 40 menit, Anda bisa menggunakan zoom versi Free saja.
#2 Kualitas Video Yang Jernih dan Mulus
Sebagai aplikasi untuk video konferensi Zoom menyediakan kualitas video yang jernih dan mulus. Bahkan bagi mereka yang tidak pede untuk tampil di depan kamera akan merasa ketagihan menggunakan filter-filter yang di sediakan oleh zoom.
#3 Mudah Digunakan
Aplikasi zoom sangat mudah digunakan oleh siapa saja, dengan desain user interface yang intuitive para pengguna zoom tidak akan merasa kebingunngan saat menggunakannya.
#4 Fitur Screen Sharing
Fitur screen sharing yang disediakan cukup membantu pemateri untuk mempresentasikan materi mereka. Sangat mudah digunakan dengan kualitas yang sangat baik. Zoom juga menyediakan penyimpanan cloud untuk menyimpan rekaman meeting pada versi pro.
#5 Fitur Remote Control
Jika Anda mengalami permasalahan atau kesulitan saat meeting berlangsung Anda bisa mengizinkan admin atau host untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut melalui fitur Remote Control.
Kesimpulan
Kegiatan-kegiatan online baik meeting kantor, acara webinar, kelas online dan sebagainya saat ini banyak dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom. Dan tampaknya zoom berhasil membawa budaya meeting online pada semua kalangan, termasuk para pelajar dan karyawan negeri maupun swasta.
Bagaimana dengan Anda? memiliki pengalaman menarik atau tips berguna terkait zoom? jika tidak keberatan bisa di share melalui kolom komentar di bawah ini.
Pingback: Cara Menggunakan Google Meet di Laptop dan HP Terbaru 2022
Pingback: Cara Install Wordpress di Localhost Tanpa XAMPP (Gak Pakai RIbet)